Berkontribusi, meski bukan bagian "Berbakti untuk Negeri"

Bagi teman-teman yang baru saja lulus kuliah, pasti menemui banyak kebimbangan. Bimbang apakah akan melanjutkan kuliah lagi atau bekerja. Jika bekerja pun bekerja dimana dan dalam posisi apa. Pengalaman pribadi saya waktu selepas lulus kuliah, benar-benar mengalami kebimbangan yang akut. Ditambah lagi info yang kita dapat hanyalah info dari "katanya".

Namun, setelah 3 tahun bekerja ada beberapa pesan yang ingin saya coba rumuskan. Kata kuncinya adalah persistence. Kata ini memiliki makna sebuah kumpulan usaha yang dilakukan berulang-ulang tanpa kenal putus asa maupun naik turun semangat. Apapun masalahnya terus kita hajar dengan niat untuk melakukan hal yang baik setiap harinya. Atau dengan kata lain, kita tidak bisa menilai sesuai sampai akhirnya kita melakukannya. "Succes is not a destination, but a journey".

Bagi yang setelah lulus ingin bekerja karena niat untuk mencari pengalaman di dunia praktisi, tidak perlu menyesal apabila ternyata setelah bekerja 3 tahun belum jadi manajer dan melihat teman kita lulus Master dari Universitas di luar negeri dalam waktu 1 tahun. Pun juga bagi yang setelah kuliah langsung lanjut kuliah sehingga ketika kuliah belum sempat merasakan bagaimana dunia kerja dan melihat teman kita sudah bersinar menjadi manajer di suatu perusahaan sementara dirinya masih berkutat dengan materi perkuliahan serta entah masa depan akan membawanya kemana.

Meskipun 3 tahun bekerja pun, saya tidak bisa menyimpulkan mana yang paling baik, pekerjaan yang paling baik, ataupun pekerjaan yang memberikan kita gaji yang paling tinggi. Sebagaimana incaran para lulusan kuliah baru. Karena gaji yang diincar sekarang tidak lah permanen untuk dibandingkan. Mungkin kita pada saat masuk gaji yang ditawarkan besar, tapi bagaimana dengan kemungkinan progresi karir, benefit, dan lain sebagainya.

Dan yang paling penting adalah bagaimana kita terus bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Bagi saya berbakti kepada bangsa tidak harus menjadi bagian dari pemerintahan. Karir kita di swasta juga memberikan kontribusi yang nyata. Bergeraknya sebuah ekonomi juga buah dari kerja yang kita dedikasikan. Sehingga, apabila kita melakukan dengan sebaik-baiknya maka kontribusi itu akan nyata terlihat. #berikankebaikan

Comments

Popular Posts