Dari Kursus Bahasa Jepang hingga Magang

Bagi mahasiswa FEB seperti saya, portal akademik Sintesis bisa dikatakan sebagai belahan jiwa mahasiswa. Tidak bermaksud berlebihan, tetapi portal akademik Sintesis menyajikan berbagai informasi dan fitur yang sangat berguna bagi mahasiswa FEB. Dari masalah persuratan, nilai, hingga informasi beasiswa. 

Menu "student information" adalah surga bagi saya karena di dalamnya berisi segala kesempatan emas yang menunjang karir kita.

Setali tiga uang dengan kecanggihan Sintesis, saya mendapatkan kesempatan kursus, magang, dan kesempatan pergi ke Jepang juga dari Sintesis. Melalui Program "Japan on Track" yang dipublikasikan pertama kali melalui portal akademik tersebut saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kursus bahasa Jepang yang diampu oleh dosen ternama dari Aichi Perfecture University, Kato Sensei. Sebelum cerita lebih banyak, jadi Japan on Track atau lebih dikenal dengan singkatan JOT merupakan program hasil kerjasama antara Fisipol UGM dengan Aichi Perfecture University dan Toyota Group. Cukup kompleks memang negosiasi kerjasama ini. Pasalnya pihak yang terlibat dalam program ini cukup banyak. Dan bonus terbesarnya adalah jalan-jalan gratis ke Jepang bagi yang terpilih. Di sini saya akan cerita tentang proses dari seleksi, kursus, dan magang. Karena sampai sekarang belum ditentukan siapa yang berangkat ke Jepang.

Baiklah, saya dapat terpilih sebagai 25 peserta JOT ini melalui prosedur seleksi CV dan berkas raport/transkrip. Kemudian, saya mengikuti les bahasa Jepang. Jujur saya sangat masih sangat kurang dalam bahasa Jepang. Pada waktu SMA saya mengambil bahasa asing bahasa Jepang, tetapi saya merasa menyia-nyiakan kesempatan belajar tersebut karena seringkali saya membolos dan kurang memperhatikan. Meskipun demikian, semangat saya untuk belajar bahasa Jepang cukup tinggi. Saya tertarik untuk mempelajari negara Jepang baik kebudayaan maupun ilmu pengetahuan. 

Kesempatan belajar bahasa Jepang adalah lead factor yang ingin saya capai. Karena hal tersebut bernilai sangat tinggi. Kesempatan magang dan pergi ke Jepang mungkin adalah bonus dari Allah swt. Pada akhir sesi kursus diadakan seleksi magang dari perusahaan-perusahaan Toyota Group, yaitu Astra Daihatsu Motor, Toyota Tsusho Indonesia, Toyota Astra Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan Denso. Mereka datang ke UGM dan langsung mewawancarai kami. 

Pilihan saya jatuh ke Astra Daihatsu Motor karena saya heran dengan gerak-gerak semu yang dilakukan oleh Daihatsu selama ini. Dalam benak saya Daihatsu terlihat mobil ecek-ecek hanya di Indonesia karena saya melihat produk Daihatsu banyak ditemukan di luar negeri. Kenapa ? itulah asal usul saya pilih Daihatsu dengan landasan niat agar tahu proses bisnis yang mereka lakukan dan belajar apa saja yang di kelas telah pelajari. 

Alhamdulillah, akhirnya saya diterima dan program ini cukup cocok bagi saya. Alasannya adalah program magang hanya 3 minggu dan segala jenis kebutuhan sudah ditanggung oleh pihak Jepang plus uang saku. Sungguh menyenangkan bagi saya. Saya tidak ingin magang yang terlalu lama. Saya justru ingin segera bekerja dan melanjutkan karir ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga magang ini memberi banyak manfaat bagi karir saya. Bismillah...amiiin.

Comments

Popular Posts